Minggu, 25 September 2016

Konsep New Media



Pengertian dan Konsep New Media
A.    DEFINISI NEW MEDIA
Apa itu New Media ? New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New media yang baru dan Media yang berarti perantara. Jadi, New Media bias dikatakan sebagai sarana perantara yang baru. Baru yang dimaksud disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. Namun “New Media” yang dimaksud disini merupakan suatu istilah untuk sesuatu yang mencakup kemunculan digital, computer, atau jaringan tenologi informasi dan komonikasi di akhir abad ke-20.
Adapun pengertian lainnya, New Media adalah sebuah terminology untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. Yaa secara umum, New Media itu disimpulkan sebagai istilah yang menggambarkan tentang suatu bentuk teknologi yang berbentuk digital dan internet, dengan konsep meninggalkan teknologi kuno yang masih bersifat analog, mekanik, boros energy, dan tidak ramah lingkungan.
Menurut para ahli :
1)      Menurut Everett M. Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak, Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media Baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif.
2)      Menurut Ron Rice mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan computer di dalamnya (baik mainframe, PC, maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunannya untuk berinteraksi antar sesame pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan.
3)      Menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi, distribusi pesan lewat satellite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan computer, keterlibata audiens dalam proses komunikasi yang saling meningkat.     
 
B.     Pandangan New Media

New Media adalah suatu komponen yang sangat penting dalam kehidupan globalisasi saat ini. semua kegiatan pemberian informasi dapat di askes melalui komponen new media. Youttube, Facebook, Wikipedia menjadi suatu kebutuhan keseharian kita. Dan media - media ini sangatlah berpengaruh dalam dunia nyata, tidak hanya dunia maya. Kemunculannya memberikan dampak besar terhadap kehidupan manusia dan secara langsung telah merubah pola kehidupan manusia, dimulai dari pola kehidupan masyarakat, budaya, cara berfikir, dan hampir sampai ke segala aspek dalam kehidupan manusia sendiri. Namun sejalan dalam perkembangannya, New Media juga memberikan dampak negatif, seperti dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah serta memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. Jadi sudah seharusnya perkembangan New Media diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.


C.    Komponen Dan Karakteristik New Media

Komponen dari New Media terdiri dari 3 unsur yaitu pembuat, penyalur, dan pemakai new media itu sendiri. Dan adapun karakteristiknya dari new media antara lain :

1.    Digital, dimaksudkan bagaimana bentuk data digital ini dapat menjadi lebih baik penggunaannya dari data analog dalam segi kecepatan dan ke-real-annya. Dan sudah jelas bahwa new media yang berbasis digital hanya dapat dilakukan dengan media komputer. Meski saat ini new media juga sudah dapat diakses dengan teknologi mobile seperti smartphone.

2.    Interaktifitas, dapat menghemat waktu, secara langsung dapat kita kendalikan dan komunikasi dua arah dapat terjadi hanya dengan media komputer saja. Pengaturan informasi yang kreatif dari karakter inilah yang juga menjadi pilihan pengguna dalam teknologi media ini. Meski sebenarnya interaksi tersebut terjadi antara manusia dan komputer.

3.    Hypertextual, adalah teks yang dapat mengijinkan kita mengakses teks-teks lain. Dengan hanya meng-klik satu teks saja yang sudah terdapat link didalamnya maka kita dapat terhubung dengan halaman lain dengan isi teks yang berbeda.

4.    Dispersal, maksudnya adalah menyebar, dimana produksi, distribusi dan konsumsi tidak terpusat. Karena setiap pengguna internet dapat sesuka hati menajdi produsen, distributor atau hanya sekedar konsumen (personal freedom). Inilah yang dinilai new media merupakan media yang lebih bersifat pribadi (individually). Hingga dapat menjadi hal biasa dalam kehidupan sehari-hari penggunanya.

5.    Virtuality, karekter unik yang dimiliki new media. Ini adalah persepsi kita terhadap objek-objek immaterial. Karena new media juga memiliki unsur presence atau kehadiran meski tidak secara fisik, sering kita menyebutnya dunia maya. Karakter ini juga yang mendorong terbentuknya salah satu budaya baru yakni budaya virtual.


D.    Manfaat dan Kekurangan New Media

New Media memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

a)      Sebagai media informasi yang dapat mudah dan cepat diakses dengan Internet. melalui internet kita dapat melalukan berbagai aktifitas di dunia maya. Seperti pencarian kerja, jual-beli barang, dan berbagai aktifitas yang bersifat informatif lainnya.

b)      Sebagai media komunikasi yang efisien, kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference.

c)      Sebagai media hiburan, seperti : streaming video, video game, dan lain-lain.

d)     Sebagai sarana pendidikan yang efektif, seperti E-book. dengan E-book ini para pelajar / mahasiswa tidak perlu membeli buku, karena dapat mendownloadnya. dan ini menjadi praktis karena tanpa harus keberatan membawa buku yang banyak.

e)      Sebagai Bidang Industri/Dagang, Dalam bidang ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin menawarkan/mempromosikan produk tertentu sehingga tidak susah susah untuk membuka toko dan promosi langsung didepan konsumen, melalui new media pedagang dapat mempromosikan produk nya melalui membuka online shop, bisa melalui facebook, twitter atau kaskus.

f)       Sebagai Bidang Lowongan Kerja, Dalam bidang ini bagi yang ingin mencari pekerjaan cukup searching di internet lalu mendaftar secara online bahkan bisa mengikuti tes masuk secara online juga, tidak perlu lagi susah payah datang dari kantor ke kantor.

g)      Sebagai media silahturahmi, dengan bermunculan situs-situs media sosial di internet. seperti : Facebook, Twitter, My Space, Yahoo Messangger dan lain sebagainya, itu dapat membuat kita dapat bersilahturahmi dengan sanak saudara, teman dan masyarakat luas. Melalu berbagai situs tersebut kita dapat mengetahui kabar mereka dengan cara mengirim pesan, selain itu kita juga dapat mengirim photo, video, dan lain-lain kepada mereka.

Namun New Media juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu sebagai berikut:

a)      Terbukanya informasi menimbulkan kemungkinan pencurian data pribadi. Hal ini biasa dilakukan hacker dengan tujuan-tujuan tertentu.

b)      Terbukanya arus informasi dan komunikasi juga dapat membawa virus yang berkedok aplikasi dengan mudah menyebar.

c)      Mudahnya akses situs yang berbau pornografi dan kekerasan.

d)     Rasa ketagihan berlebihan, contohnya pada saat bermain game online atau jejaring sosial.

Maka, sudah seharusnya perkembangan New Media diikuti dengan kebijakan dari setiap penggunanya.

Contoh dan Komponen New Media
Beberapa contoh New Media adalah Internet, website, buku digital, komputer multimedia, permainan komputer, jejaring sosial, streaming video, video conference, CD-ROMS, DVD, dan lain-lain.
Komponen dari new media yaitu handphone/smartphone, internet, dan komputer. Dengan komponen New Media, kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter, Youtube, Email, FourSquare, dan lain sebagainya. Kita juga dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan atau juga memberikan informasi yang kita dapatkan sesuai dengan kenyataan.


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar