Minggu, 15 April 2018

Storyboard Game : ZUMA


Nama : Syahrul Setiyawan
NPM : 56415753
Kelas : 3IA11

Konsep Game
Seiringnya berjalan waktu game-game sekarang banyak yang bergrafik bagus dan gameplay yang sangat banyak FPS, RPG dan action sudah sangat banyak dijumpai pada saat ini. Meskipun masih banyak game yang bergrafik sederhana tapi masih banyak orang sering memainkannya, misalnya game zuma. Game zuma sudah begitu dikenal pada jaman sekarang ,apalagi bagi mereka para pencintanya. Game tersebut adalah salah satu jenis permainan yang sangat melegenda, bahkan mungkin sudah memiliki banyak versi dan episode dari permainan ini. Tampilan menarik serta kemudahan dalam cara memainkannya,membuat permainan ini bukan saja disukai oleh pencinta permainan tapi juga oleh anak-anak dan orang dewasa.

Genre Game
Zuma adalah game teka-teki yang sangat sederhana, dan harus diakui, sangat adiktif. Kita bisa mengontrol katak kecil dalam sejenis dunia Aztec kuno yang berputar pada sebuah sumbu. Game zuma merupakan Genre dari arcade, namun bisa juga shooter dan strategi. Game ini bertipe tersebut karena di game ini kita berpacu dengan waktu dimana kita harus menembak untuk menghancurkan bola warni-warni agar tidak masuk lubang keluar di ujung jalur, jadi harus memerlukan strategi untuk bisa memenangkan game tersebut. 

Peraturan Game
Tujuan dari Game Zuma adalah untuk menghilangkan semua bola berguling-guling di layar sepanjang jalur yang diberikan (jalan terlihat jelas di semua tingkat kecuali untuk tingkat terakhir) dengan bola lain sebelum bola-bola ini mencapai struktur tengkorak kuning atau ujung jalur, yang akan terbuka untuk berbagai derajat sebagai peringatan bola yang akan datang. Peraturannya game Zuma adalah :
1.      Pemain dapat membawa dua bola sekaligus dan dapat beralih kapan saja.
2.      Begitu satu bola mencapai tengkorak, sisanya mengikuti dan pemain kehilangan nyawa. Untuk mencegah bola mencapai tengkorak, pemain dapat menghilangkan bola dengan menembak bola berwarna dari mulut katak batu ke arah rantai bola yang akan terus mendorong maju sampai pemain mengisi bar kuning, yang ketika bola akan berhenti memproduksi di luar layar.
3.      Ketika tiga atau lebih dari warna yang sama bersentuhan, mereka meledak, mungkin memicu ledakan lain sebagai bagian dari reaksi berantai. Tingkat selesai ketika setelah bar diisi, pemain menghilangkan semua bola di layar.
4.      Ada bonus untuk mengumpulkan koin (biasanya melalui celah), untuk menyebabkan ledakan melalui celah-celah bola lain, dan rantai karena beruntun selalu menyebabkan ledakan dengan setiap bola berturut-turut (koin dan bonus rantai adalah cara cepat untuk mengisi bar) . Bonus waktu juga diberikan jika pemain menyelesaikan level dalam waktu ace - mulai dari tiga puluh detik hingga empat menit tergantung pada level.

Grafik Game
Game zuma pun menggunakan grafik dan gambar yang sudah 3D dan suara yang sangat dinamis. Features :
- 3d accelerated graphics and effects
- Immersive sound FX and tribal music
- Over 100 hand crafted levels to explor
- Discover new realms in Adventure mode
- Test your skills with Gauntlet mode
- Pulse-pounding sounds and music
- Save your high scores for posterity
- Over 20 temples to explore!
- Play Offline &
- Full Screen3D

Storybord Game

Mode Adventure
Setiap petualangan biasa dimulai dengan tiga kehidupan (diwakili oleh katak di sudut kiri atas layar), tetapi kehidupan ekstra diperoleh dengan setiap 50.000 poin. Menembak koin dengan bola, membuat beberapa kelompok bola meledak dengan satu tembakan, menghasilkan bonus rantai, menembak melalui celah di bola, atau menyelesaikan level dalam jangka waktu tertentu (disebut waktu ace) akan memberikan poin tambahan.
Tingkat diatur ke dalam kuil, dan kuil awal terdiri dari tiga "dunia" dari lima tingkat masing-masing (tingkat kelima di setiap tahap unik dalam memiliki dua trek bola bukan yang biasa). Worlds 1–3 memiliki empat warna bola: merah, biru, hijau dan kuning, Worlds 4-6 menambahkan ungu, dan dari World 7 on, putih ditambahkan dalam variasi. Tingkat akhirnya ditambahkan ke dunia: Kuil kedua, yang berisi Dunia 4-6, memiliki enam tingkat, sementara bait suci ketiga, yang berisi Dunia 7–9, memiliki tujuh tingkat. Kuil keempat dan terakhir (yang tersembunyi sampai pemain membuka World 10 untuk pertama kalinya) berisi dunia 10-12, yang juga terdiri dari tujuh level masing-masing. Worlds 10–12 pada dasarnya sama dengan 7-9, tetapi untuk setiap level, 5000 poin harus diberi skor untuk sepenuhnya mengisi bar Zuma. Juga, bola keluar lebih jauh di awal level, dan rantai bola bergerak sedikit lebih cepat. Jika pemain kehilangan seluruh hidup mereka, permainan berakhir, dan mereka harus memulai lagi di awal tahap terakhir mereka maju. Namun, jika pemain mampu mengalahkan semua 12 dunia, mereka dibawa ke tingkat "Space", yang lebih lama dari semua level sebelumnya, memiliki lebih sedikit pengelompokan warna di antara bola, dan tidak memiliki jalur yang jelas untuk bola untuk mengikuti . Level ini tidak dapat diakses tanpa menyelesaikan World 12. Setelah mengalahkan level ini, pemain memenangkan game (jika seorang pemain gagal untuk mengalahkan level Space, mereka harus mengalahkan semua Dunia 12 lagi sebelum mendapatkan kesempatan lain untuk menang). Semua sisa hidup di akhir permainan masing-masing bernilai 50.000 poin tambahan untuk ditambahkan ke skor akhir.

Mode Gauntlet
 
Zuma juga menawarkan mode gauntlet, di mana pemain dapat memilih untuk bermain dalam level yang telah mereka capai dalam mode petualangan, dan berlatih untuk mengalahkan level, atau bermain dalam mode bertahan hidup, di mana kesulitan dalam warna dan kecepatan bola akan secara bertahap meningkat. Klasifikasi tingkat mode gauntlet, dalam urutan, adalah Kelinci, Elang, Jaguar, dan Dewa Matahari. Seorang pemain diminta untuk mengisi tujuh tahap dalam mode latihan atau tujuh batang kuning dalam mode bertahan hidup sebelum maju ke tingkat berikutnya. Setelah mencapai Sun God, di mana bola bergerak dalam kecepatan konstan bahkan ketika mendekati tengkorak, pemain dapat terus tanpa henti, karena klasifikasi level tidak memiliki batasan di kedua tahap dan bar.

Daftar pustaka:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar