Nama : Syahrul Setiyawan
NPM : 56415753
Kelas : 3IA11
Konsep Game
Seiringnya
berjalan waktu game-game sekarang banyak yang bergrafik bagus dan gameplay yang
sangat banyak FPS, RPG dan action sudah sangat banyak dijumpai pada saat ini. Meskipun masih banyak game yang bergrafik sederhana tapi masih
banyak orang sering memainkannya, misalnya game zuma. Game zuma sudah begitu
dikenal pada jaman sekarang ,apalagi bagi mereka para pencintanya. Game tersebut
adalah salah satu jenis permainan yang sangat melegenda, bahkan mungkin sudah
memiliki banyak versi dan episode dari permainan ini. Tampilan menarik serta kemudahan dalam cara
memainkannya,membuat permainan ini bukan saja disukai oleh pencinta permainan
tapi juga oleh anak-anak dan orang dewasa.
Genre Game
Zuma adalah game teka-teki yang sangat sederhana, dan
harus diakui, sangat adiktif. Kita bisa mengontrol katak kecil dalam sejenis
dunia Aztec kuno yang berputar pada sebuah sumbu. Game zuma merupakan Genre dari arcade,
namun bisa juga shooter dan strategi. Game ini bertipe tersebut karena di game
ini kita berpacu dengan waktu dimana kita harus menembak untuk
menghancurkan bola warni-warni agar tidak masuk lubang keluar di ujung jalur,
jadi harus memerlukan strategi untuk bisa memenangkan game tersebut.
Peraturan
Game
Tujuan dari Game
Zuma adalah untuk menghilangkan semua bola
berguling-guling di layar sepanjang jalur yang diberikan (jalan terlihat jelas
di semua tingkat kecuali untuk tingkat terakhir) dengan bola lain sebelum
bola-bola ini mencapai struktur tengkorak kuning atau ujung jalur, yang akan terbuka untuk
berbagai derajat sebagai peringatan bola yang akan datang.
Peraturannya game Zuma adalah :
1. Pemain dapat membawa dua bola sekaligus dan dapat beralih
kapan saja.
2. Begitu satu bola mencapai tengkorak, sisanya mengikuti
dan pemain kehilangan nyawa. Untuk
mencegah bola mencapai tengkorak, pemain dapat menghilangkan bola dengan
menembak bola berwarna dari mulut katak batu ke arah rantai bola yang akan
terus mendorong maju sampai pemain mengisi bar kuning, yang ketika bola akan berhenti memproduksi di luar layar.
3. Ketika tiga atau lebih dari warna yang sama bersentuhan,
mereka meledak, mungkin memicu ledakan lain sebagai bagian dari reaksi
berantai. Tingkat
selesai ketika setelah bar diisi, pemain menghilangkan semua bola di layar.
4. Ada bonus untuk mengumpulkan koin (biasanya melalui
celah), untuk menyebabkan ledakan melalui celah-celah bola lain, dan rantai
karena beruntun selalu menyebabkan ledakan dengan setiap bola berturut-turut
(koin dan bonus rantai adalah cara cepat untuk mengisi bar) . Bonus
waktu juga diberikan jika pemain menyelesaikan level dalam waktu ace - mulai
dari tiga puluh detik hingga empat menit tergantung pada level.
Grafik Game
Game zuma pun menggunakan grafik dan gambar yang sudah
3D dan suara yang sangat dinamis. Features :
- 3d accelerated graphics
and effects
- Immersive sound FX and tribal music
- Over 100 hand crafted levels to explor
- Discover new realms in Adventure mode
- Test your skills with Gauntlet mode
- Pulse-pounding sounds and music
- Save your high scores for posterity
- Over 20 temples to explore!
- Play Offline &
- Full Screen3D
- Immersive sound FX and tribal music
- Over 100 hand crafted levels to explor
- Discover new realms in Adventure mode
- Test your skills with Gauntlet mode
- Pulse-pounding sounds and music
- Save your high scores for posterity
- Over 20 temples to explore!
- Play Offline &
- Full Screen3D
Storybord Game
Mode Adventure
Setiap
petualangan biasa dimulai dengan tiga kehidupan (diwakili oleh katak di sudut
kiri atas layar), tetapi kehidupan ekstra diperoleh dengan setiap 50.000 poin. Menembak
koin dengan bola, membuat beberapa kelompok bola meledak dengan satu tembakan, menghasilkan
bonus rantai, menembak melalui celah di bola, atau menyelesaikan level dalam
jangka waktu tertentu (disebut waktu ace) akan memberikan poin tambahan.
Tingkat
diatur ke dalam kuil, dan kuil awal terdiri dari tiga "dunia" dari
lima tingkat masing-masing (tingkat kelima di setiap tahap unik dalam memiliki
dua trek bola bukan yang biasa). Worlds
1–3 memiliki empat warna bola: merah, biru, hijau dan kuning, Worlds 4-6
menambahkan ungu, dan dari World 7 on, putih ditambahkan dalam variasi. Tingkat
akhirnya ditambahkan ke dunia: Kuil kedua, yang berisi Dunia 4-6, memiliki enam
tingkat, sementara bait suci ketiga, yang berisi Dunia 7–9, memiliki tujuh
tingkat. Kuil
keempat dan terakhir (yang tersembunyi sampai pemain membuka World 10 untuk
pertama kalinya) berisi dunia 10-12, yang juga terdiri dari tujuh level
masing-masing. Worlds
10–12 pada dasarnya sama dengan 7-9, tetapi untuk setiap level, 5000 poin harus
diberi skor untuk sepenuhnya mengisi bar Zuma. Juga,
bola keluar lebih jauh di awal level, dan rantai bola bergerak sedikit lebih
cepat. Jika
pemain kehilangan seluruh hidup mereka, permainan berakhir, dan mereka harus
memulai lagi di awal tahap terakhir mereka maju. Namun,
jika pemain mampu mengalahkan semua 12 dunia, mereka dibawa ke tingkat
"Space", yang lebih lama dari semua level sebelumnya, memiliki lebih
sedikit pengelompokan warna di antara bola, dan tidak memiliki jalur yang jelas
untuk bola untuk mengikuti . Level
ini tidak dapat diakses tanpa menyelesaikan World 12. Setelah mengalahkan level
ini, pemain memenangkan game (jika seorang pemain gagal untuk mengalahkan level
Space, mereka harus mengalahkan semua Dunia 12 lagi sebelum mendapatkan
kesempatan lain untuk menang). Semua
sisa hidup di akhir permainan masing-masing bernilai 50.000 poin tambahan untuk
ditambahkan ke skor akhir.
Mode Gauntlet
Zuma
juga menawarkan mode gauntlet, di mana pemain dapat memilih untuk bermain dalam
level yang telah mereka capai dalam mode petualangan, dan berlatih untuk
mengalahkan level, atau bermain dalam mode bertahan hidup, di mana kesulitan
dalam warna dan kecepatan bola akan secara bertahap meningkat. Klasifikasi
tingkat mode gauntlet, dalam urutan, adalah Kelinci, Elang, Jaguar, dan Dewa
Matahari. Seorang
pemain diminta untuk mengisi tujuh tahap dalam mode latihan atau tujuh batang
kuning dalam mode bertahan hidup sebelum maju ke tingkat berikutnya. Setelah
mencapai Sun God, di mana bola bergerak dalam kecepatan konstan bahkan ketika
mendekati tengkorak, pemain dapat terus tanpa henti, karena klasifikasi level
tidak memiliki batasan di kedua tahap dan bar.
Daftar
pustaka:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar